web stats

Wednesday 4 June 2014

Pengucapan Pakta Intregitas Di Apel Pagi

Blitar, INFO_PAS – Apel pagi ataupun siang tentu sudah menjadi kewajiban bagi petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan diseluruh Indonesia. Begitu pula petugas pada Lapas Klas IIB Blitar.
Namun ada yang berbeda pada pelaksanaan apel pagi Lapas Blitar, Rabu (4/6). Selain ritual apel pada umumnya seperti menyanyikan lagu Mars Pengayoman, Mars Pemasyarakatan, serta Yel-Yel Pemasyarakatan, pagi itu juga dilakukan pembacaan pakta integritas oleh para petugas Lapas Blitar.
Pembacaan pakta integritas dipimpin oleh salah seorang petugas Lapas Blitar dan kemudian diikuti oleh seluruh peserta apel. “Integritas….Integritas, Integritas…Integritas, Salam Integritas…Tidak Pernah Kalah…,” demikian pakta integritas dibacakan dengan lantang dan penuh semangat.
Menurut Kalapas Gun Gun Gunawan, pembacaan pakta integritas akan rutin dibacakan setiap Rabu pada pelaksanaan apel pagi.  “Harapan saya kepada seluruh petugas agar setiap mengambil langkah atau tindakan dalam pelaksanaan tusinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun warga binaan agar selalu mengedepankan integritas diri,” ujar Kalapas kepada INFO_PAS.
Lanjut menurut Kalapas, sebetulnya pada awal tahun setiap petugas sudah membuat dan manandatangani pakta integritas serta telah ditempel di meja masing-masing.  “Alangkah lebih baik jika apel pagi dimanfaatkan untuk lebih memaksimalkan pengucapan secara lisan sehingga ikrar/janji yang terkandung dalam pakta integritas yakni tentang kepatuhan pegawai terhadap peraturan dan norma yang berlaku akan tertanam dalam jiwa diri setiap petugas lapas ini,” harap Gun Gun.
Salah seorang petugas Lapas Blitar menyatakan setuju dengan pembacaan pakta integritas pada pelaksanaan apel pagi. “Bila memungkinkan agar dibakukan oleh pusat untuk dilaksanakan seluruh UPT Pemasyarakatan seluruh Indonesia minimal seminggu sekali. Sekarang saya jadi hafal dan memahami serta dapat mengamalkan tentang isi dari fakta integritas tersebut dalam setiap gerak langkah saya dikantor, “ ucapnya.

No comments:

Post a Comment